.

.

Minggu, 17 Agustus 2014

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Hasratuddin
(SUMMARY LESSON)


            Sebuah penelitian dilakukan pada siswa SMP di Kota Medan, dengan sampel siswa kelas VIII yang diambil secara acak dan bertujuan untuk menemukan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa. Pentingnya dilaksanakan pendekatan matematika realistik secara umum, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional siswa. Dalam pembelajaran pendekatan matematika realistik berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran biasa karena dalam pembelajaran biasa, proses belajar hanya terpaku pada guru yang lebih aktif memberikan informasi (teacher centered learning) sedangkan pembelajaran pendekatan matematika realistik, proses belajar dilakukan lebih aktif  oleh siswa dan dalam prosesnya terjadi sebuah interaksi baik antara siswa yang lain dan gurunya (student centered learning). Harapan dalam pelaksanaan pembelajaran pendekatan matematika realistik yang baik, dampak yang didapatkan bisa dirasakan pada saat siswa tersebut berkecimpung di masyarakat kelak, dimana menjadi orang yang pemikir kritis, jujur, bermatabat, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan dan dapat bertahan hidup secara manusiawi dengan penuh rasa percaya diri.  Dalam hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang diberi pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan peringkat sekolah, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan gender, tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan peringkat sekolah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gender terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan siswa memiliki respon yang positif terhadap pembelajaran matematika realistik. Maka dari itu disarankan bahwasanya pembelajaran matematika dengan matematika realistik dapat diimplementasikan dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan tidak harus membedakannya dari peringkat sekolah maupun gender.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar